Lisosom: Kompartemen Pencernaan

Lisosom

Lisosom berasal dari kata liso=lytic artinya cerna atau mengurai, soma artinya badan. Lisosom berarti badan (organel sel) yang berperan dalam melakukan pencernaan. Lisosom ditemukan oleh de Duve dkk.

Lisosom adalah kantong bermembran yang berisi enzim- enzim hidrolase yang digunakan oleh sel hewan untuk mencerna makromolekul. Enzim hidrolase seperti protease, nuklease, glikosidase, lipase, fosfolipase, fosfatase, dan sulfatase. Enzim-enzim hidrolase bekerja dengan baik dalam kondisi asam, pada pH kurang lebih 5.

Enzim hidrolitik dan membran lisosom di buat oleh RE kasar dan kemudian ditransfer ke Aparatus Golgi untuk diproses lebih lanjut. Setidaknya beberapa lisosom mungkin timbul melalui pertunasan dari sisi trans aparatus Golgi.

Dari segi fisiologis dijumpai dua kategori lisosom yaitu:
1. lisosom primer
Disebut juga protolisosom adalah organela baru yang dihasilkan oleh kompleks golgi yang dikelilingi oleh selapis membran dan belum terlibat dalam aktivitas pencernaan sel.

2. lisosom sekunder.
Lisosom yang merupakan hasil fusi berulang antara lisosom primer dengan berbagai substrat yang berbatas membran. Lisosom sekunder telah terlibat dalam aktivitas pencernaan sel dan di dalam lumennya terdapat substrat dan enzim-enzim hidrolitik.

Lisosom berfungsi:
  • Melaksanakan pencernaan intraseluler dalam berbagai situasi
  • Sebagai alat perhancur bahan-bahan yang tidak diperlukan oleh sel disebut dengan autolisis. Sebagai contoh pada waktu berudu berubah menjadi katak, ekornya secara bertahap diserap sel-sel ekor yang kaya lisosom.
  • Mendaur- ulang materi organik milik sel sendiri, dikenal dengan autofagi
  • Fagositosis dengan cara menelan dan mencerna partikel yang lebih kecil, sperti pada Amoeba dan makrofag yang memfagositosit bakteri penyakit.

Autofagi: lisosom menguraikan organel rusak

Fagositosis: lisosom mencerna makanan
Penyakit yang timbul akibat kelainan lisosom yaitu:
  1. Pompe; ketiadaan enzim lisosom memecah polisakarida, sehingga terjadi akumulasi glikogen yang dapat merusak sel- sel hati
  2. Tay- Sachs, enzim pencerna-lipid hilang atau tidak aktif, dan otak menjadi cacat akibat akumulasi lipid di dalam sel- selnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lisosom: Kompartemen Pencernaan "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "robi-biologi". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.