Instansi : SMAN Unggul Darussa'adah Kluet Raya
CGP Angkatan 4 Kab. Aceh Selatan
A. LATAR BELAKANG
Disiplin positif adalah sebuah pendekatan yang secara aktif mempromosikan partisipasi anak dan penyelesaian masalah dan di saat yang bersamaan juga mendorong orang dewasa- pendidik untuk menjadi panutan positif bagi anak- anak muda dalam perjalanan tumbuh kembang mereka.
Dari hasil pengamatan di Sekolah diperoleh bahwa masih ada sebagian guru yang kesulitan dalam menerapkan disiplin positif, contohnya masih terdapat guru yang terlambat masuk ke kelas padahal bel sudah berbunyi, guru tidak hadir pada saat jam mengajarnya tanpa ada alasan yang jelas dan juga masih ada guru laki- laki yang merokok di ruang guru atau lingkungan sekolah.
Tidak hanya guru yang belum optimal dalam menerapkan budaya positif di Sekolah, namun siswa pun sering kali membuat kekeliruan yang berulang seperti datang terlambat, tidak hadir tanpa keterangan, buang sampah sembarangan, tidak membuat tugas yang diberikan guru, tidak memakai atribut seragam yang sesuai aturan, keluar masuk disaat jam pelajaran. Perilaku tersebut menandakan bahwa penerapan budaya positif di sekolah masih belum optimal.
Penerapan budaya positif pada aktivvitas yang dijalankan warga sekolah- pendidik, tenaga kependidikan, siswa dan walali murid seyogyanya di diskusikan terlebih dahulu dengan stakeholder pendidikan untuk mendukung pelaksanaanya, selanjutnya program budaya positif diwajbkan untuk disosialisasikan kepada warga sekolah sehingga diperoleh sebuah kesepakatan dan dibutuhkan komitmen serta konsekuensi ketika terdapat kemungkinan kekurangan yang timbul pada saat pelaksanaanya. Oleh Karena itu, dalam perancangannya kegiatan aksi nyata ini, penulis tertarik unntuk melakukan penerapan penggunaan Canva dalam membuat poster, video, infografis kesepakatan kelas untuk menumbuhkan budaya positif kelas.
- Sosialisasi dengan pihak sekolah dan warga sekolah (minggu ke-1)
- Pelatihan kepada murid dalam membuat poster, video dan infografis budaya positif sekolah menggunakan Canva (minggu ke-2)
- Pelatihan kepada rekan guru dalam membuat poster, video dan infografis budaya positif sekolah menggunakan Canva (minggu ke-3)
- Pencetakan dan pemasangan poster dan infografis serta upload video budaya positif ke semua medsos sekolah (minggu ke-4)
Dukungan sarana prasarana seperti laptop/PC, infocus, Smartphone, Jaringan Internet, Kertas Bufallo, kertas manila, Sound System dan kamera untuk dokumentasi
- Keyakinan kelas bersifat lebih ‘abstrak’ daripada peraturan, yang lebih rinci dan konkrit.
- Keyakinan kelas berupa pernyataan-pernyataan universal.
- Pernyataan keyakinan kelas senantiasa dibuat dalam bentuk positif.
- Keyakinan kelas hendaknya tidak terlalu banyak, sehingga mudah diingat dan dipahami oleh semua warga kelas.
- Keyakinan kelas sebaiknya sesuatu yang dapat diterapkan di lingkungan tersebut.
- Semua warga kelas hendaknya ikut berkontribusi dalam pembuatan keyakinan kelas lewat kegiatan curah pendapat.
- Bersedia meninjau kembali keyakinan kelas dari waktu ke waktu
- Bila ada yang melanggar, pastikan konsekuensi dijalankan
0 Response to "Aksi Nyata Budaya Positif melalui Penggunaan Canva dalam membuat Poster, Video dan Infografis Kesepakatan Kelas untuk menumbuhkan Budaya Positif Kelas"
Post a Comment
Terima kasih atas kunjungannya di blog "robi-biologi". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.