Vakuola: Kompartemen pemeliharaan yang beranekaragam

Vakuola

Vakuola adalah vesikel yang dibatasi membran dengan fungsi yang berbeda- beda pada jenis sel yang berbeda- beda.
  • Vakuola pada protista ada dua yaitu:
  1. Vakuola makanan, yeng terbentuk melalui fagositosis dan berfusi dengan lisosom serta berfungsi untuk mencerna srta mengedarkan hasil pencernaan keseluruh bagian sel. 
  2. Vakuola kontraktil atau berdenyut , berfungsi sebagai osmoregulator, dengan memompa kelebihan air keluar dari sel, sehingga mempertahankan konsentrasi ion dan molekul yang sesuai di dalam sel.
  • Vakuola pada sel tumbuhan dewasa disebut vakuola sentral. Vakuola berukuran besar yang berkembang mlalui penggabungan vakuola- vakuola yang lebih kecil, yang berasal dari RE dan aparatus Golgi. Seperti semua membran selular, membran vakuola bersifat selektif dalam mentranspor zat terlarut. Akibatnya, larutan di dalam vakuola sentral, yang disebut getah sel, memiliki konsentrasi yang berbeda dari sitosol. 

vakuola sentral sel tumbuhan
Fungsi dari vakuola sentral yaitu:
  1. Menyimpan cadangan senyawa organik yang penting, misalnya protein yang ditumpukkan dalam vakuola sel simpanan pada biji.
  2. Menyimpan ion anorganik, misalnya kalium dan klorida.
  3. Tempat pmbuangan produk-sampingan metabolik, yang dapat membahayakan sel jika terakumulasi di dalam sitosol.
  4. Beberapa vakuola mengandung pigmenyang memberi warna sel, misalnya warna merah dan biru pada kelopak yang membantu memikat serangga.
  5. Menampung senyawa- senyawa beracun atau tidak disukai rasanya oleh hewan predator Berperan utama dalam pertumbuhan sel, yang menjadi besar ketika vakuola menyerap air sehingga sel mampu membesar.
Sumber: Biologi Campbell Jilid 1

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Vakuola: Kompartemen pemeliharaan yang beranekaragam "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "robi-biologi". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.