Aparatus Golgi: Pusat Pengiriman dan Penerimaan

Aparatus Golgi

Keadaan apparatus golgi sebenarnya baru diketahui setelah mikroskop elektron ditemukan. Mollenhauer (1967) menemukan struktur lebih terinci dari organel ini. Organel ini hampir di semua pada semua sel hewan dan tumbuhan. Apabila diamati dengan menggunakan mikroskop elektron, apparatus golgi merupakan organel yang unit elementarinya adalah sisterna (rongga/ lumen/ saluran) yang berjendela, bertumpuk-tumpuk.

Sisterna merupakan bangunan dasar yang menjadi ciri aparatus golgi. Aparatus golgi terdiri dari 5 lempeng sisterna yang sejajar melengkung berbentuk piala. Tiap sisterna berupa kantung gepeng bertekuk. Bagian tepi tiap sisterna biasanya menggelembung dan berlobang. Di bagian tepi terdapat pembuluh yang menghubungkan sesama sisterna. Di daerah tepi juga terdapat tonjolan yang akan lepas membentuk vesikula. Bagian sisterna disebut dengan sakulus

Sisterna memiliki diameter antara 0,5 – 1,0 µm. Sisterna yang menyusun Aparatus Golgi terpolarisasi. Sisterna yang berdekatan dengan retikulum endoplasma disebut dengan sisi cis sedangkan sisi sebaliknya disebut dengan sisi trans. Vesikel transpor menggerakkan materi dari RE menuju aparatus golgi. Suatu vesikel yang bertunas dari RE dapat menambahkan membrannya dan isi lumennya ke sisi cis dengan cara berdifusi (bergabung) dengan membran Golgi. Sisi trans memunculkan vesikel, yang terlepas dan berpindah ke tempat lain.

Aparatus Golgi

Aparatus golgi memiliki berbagai peran, yaitu:
  1. Memodifikasi produk- produk RE ketika berpindah dari wilayah cis ke wilayah trans golgi. Misalnya modifikasi bagian- bagian karbohidrat pada glikoprotein dan juga modifikasi fosfolipid.
  2. Membuat sendiri makromolekul seperti polisakarida, termasuk pektin dan berbagai polisakarida nonselulosa lain yang dibuat oleh sel tumbuhan dan digabungkan bersama selulosa di dalam dinding selnya.
  3. Vesikel transpor dari sisi trans Golgi menyekresikan protein sekresi dan produk nonprotein yang akhirnya berfusi dengan membran plasma.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aparatus Golgi: Pusat Pengiriman dan Penerimaan "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "robi-biologi". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.