Transpor Elektron

TRANSPOR ELEKTRON

Rantai transpor elektron adalah sekumpulan molekul yang tertanam di dalam membran- dalam mitokondria. Pelipatan membran-dalam membentuk krista meningkatkan luas permukaannya menyediakan ruang untuk ribuan salinan rantai transpor elektron dalam setiap mitokondria. 

Sebagian besar komponen rantai tersebut adalah protein, yang terdapat sebagai kompleks multiprotein yang dinomori I sampai IV. Gugus prostetik, komponen nonprotein yang esensial bagi fungsi katalitik enzim- enzim tertentu, terikat erat ke protein- protein ini. Peraga berikut menunjukkan urutan pembawa elektron dalam rantai transpor elektron dan penurunan energi bebas ketika elektron bergerak menuruni rantai.

perubahan energi-bebas selama transpor elektron
Pertama, elektron yang disingkirkan dari glukosa oleh NAD+, selama glikolisis dan siklus krebs, ditarnsfer dari NADH ke molekul flavoprotein,dinamakan demikian karena memiliki gugus prostetik yang disebut flavin mononukleotida (FMN). Lalu, elektron diteruskan ke protein besi-sulfur (Fe.S dalam kompleks I). Protein besi-sulfur ini kemudian meneruskan elektron ke senyawa ubikuinon (Q). Ubikuinon adalah molekul bukan protein yang dapat bergerak secara individual didalam membran, bukan mnetap pada satu kompleks tertentu.

Sebagian besar pembawa elektron antara ubikuinon dan oksigen adalah sitokrom. Rantai transpor elektron memiliki beberapa tipe sitokrom. Sitokrom terakhir pada rantai transpor, cyt a3, meneruskan elektronnya ke oksigen, yang sangat elektronegatif. Masing- masing atom oksigen juga mengambil sepasang ion hidrogen dari larutan berair dalam sel, membentuk air.

Sumber elektron lain, FADH2 menambahkan elektron- elektronnya ke rantai transpor elektron pada kompleks II, ditingkat energi yang lebih rendah daripada NADH.

Rantai transpor elektron tidak membuat ATP secara langsung. Akan tetapi, rantai ini memudahkan kejatuhan elektron dari makanan ke oksigen, menguraikan penurunan energi-bebas dalam jumlah besar menjadi serangkaian langkah yang lebih kecil, yang mlepaskan energi dalam jumlah yang mudah dikelola.

Sumber: Biologi Campbell Jilid 1

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Transpor Elektron"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "robi-biologi". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.