Fermentasi

FERMENTASI

Fermentasi adalah cara memanen energi kimia tanpa menggunakan oksigen maupun rantai transpor elektron mana pun-dengan kata lain, tanap respirasi seluler.

Fermentasi merupakan pngembangan glikolisis yang memungkinkan pembentukan ATP terus menerus melalui fosforilasi tingkat substrat pada glikolissis. Agar ini terjadi, harus ada suplai NAD+ yang cukup untuk menerima elktron- elektron selama langkah oksidasi pada glikolisis. Tanpa mendaur ulang NAD+ dari NADH, glikolisis aka segera menghabiskan kumpulan NAD+ milik sel dengan cara mereduksinya semua menjadi NADH. Glikolisis pun akan berhenti sendiri jika tidak ada lagi agen pengoksidasi.


piruvat sebagai titik kunci dalam katabolisme
Tipe- tipe fermentasi

Fermentasi terdiri atas glikolisis plus reaksi- reaksi yang meregenerasi NAD+ dengan caa mentransfer elektron dari NADH ke piruvat atau turunan piruvat. NAD+ kemudian dapat digunakan- ulang untuk mengoksidasi gula melalui glikolisis, dengan hasil netto 2 molekul ATP melalui fosforilasi tingkat substrat. Dua tipe fermentasi yang umum adlah fermentasi alkohol dan fermentasi asam laktat.


Sumber: Biologi Campbell Jilid 1

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fermentasi"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "robi-biologi". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.