ASAM ABSISAT

ASAM ABSISAT (ABA)

Tidak seperti hormon- hormon perangsang pertumbuhan (auksin, sitokinin, gibrelin dan brasinosteroid), asam absisat memperlambat pertumbuhan. ABA seringkali bekerja antagonis terhadap hormon- hormon pertumbuhan, dan rasio ABA terhadap satu atau lebih hormon pertumbuhan menentukan hasil fisiologis akhir.

Tempat ABA diproduksi atau ditemukan pada tumbuhan yaitu:
  • Hampir semua sel tumbuhan memiliki kemampuan untuk mnenyintesis asam absisat, dan keberadaannya telah dideteksi pada setiap organ utama dan jaringan hidup; mungkin ditranspor di dalam floem dan xilem.

Fungsi utama ABA yaitu:
1. Mendorong dormansi biji dan menghambat germinasi dini

Kadar ABA dapat meningkat 100 kali lipat selama pematangan biji. Kadar ABA yang tinggi dalam biji yang sedang mengalami proses pematangan menghambat germinasi dan menginduksi produksi protein tertentu yang membantu biji bertahan dari dehidrasi ekstrem yang mengiringi pematangan.

Kebanyakan tipe dari biji- biji yang dorman bergerminasi ketika ABA disingkirkan atau diinaktivasi. Biji dari beberapa tumbuhan gurun mengakhiri dormansi hanya jika turun hujan lebat yang membilas ABA dari biji. Bebijian yang lain memerlukan cahaya atau pemaparan ke suhu dingin yang lama untuk menginaktivasi ABA.

Sringkali, rasio ABA terhadap giberelin menentukan apakah biji akan tetap doran atau bergerminasi, dan menambahkan ABA ke biji yang bersiap- siap untuk brgerminasi akan menjadikan biji dorman lagi.

ABA yang tidak diaktifkan atau ABA yang terdapat dalam kadar rendah dapat menyebabkan germinasi dini
biji bakau merah hanya mnghasilkan ABA dalam kadar rendah, dan bijinya bergerminasi sewaktu masih berada di pohon
germinasi dini pada jagung mutan ini disebabkan oleh krangnya faktor transkripsi untuk mngaktivasi ABA

2. Toleransi terhadap kekeringan Ketika tumbuhan mulai layu, ABA terakumulasi di dedaunan dan menyebabkan stomata menutup dngan cepat, sehingga mengurangi trasnpirasi dan mencegah khilangan air lebih banyak lagi.

3. Mendorong senesensia daun 

4. Mendorong toleransi desikasi





Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "ASAM ABSISAT"

  1. Lanjutkan Bujang!

    ===================
    www.lowkersumbar.com
    pak-pandani.blogspot.com
    pustaka.pandani.web.id
    ===================

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya di blog "robi-biologi". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.