1.2.a.6. Refleksi Terbimbing - Nilai dan Peran Guru Penggerak

Apa saja nilai diri saya? (yang terdapat pada bagian mulai dari diri)

Nilai diri saya adalah kemandirian. Saya senantiasa mengembangkan potensi diri tanpa bergantung pada orang lain. Selalu mendorong, memotivasi diri dalam mengubah pola pikir dan mengembangkan diri dengan aktif mengikuti berbagai pelatihan dan webinar tanpa harus menunggu adanya pelatihan yang ditugaskan oleh sekolah.

Apa yang saya rasakan setelah mengetahui nilai dari Guru Penggerak? Jelaskan!

Saya merasakan bahwa selama ini belum sepenuhnya menerapkan nilai- nilai dari seorang guru penggerak. Hal ini mungkin disebabkan oleh kekurangan pengetahuan dari diri saya mengenai penerapan nilai guru penggerak di sekolah.

Apa saja nilai diri Guru Penggerak yang sudah saya miliki sekarang?

Nilai kemandirian sudah saya tanamkan dalam diri saya hingga sekarang. Karena yang akan membuat diri kita maju itu berasal dari dalam diri kita sendiri. tanpa perlu menunggu orang lain memaksa kita untuk maju.

Diantara nilai-nilai yang sudah saya pelajari, nilai apa yang saya rasa perlu saya kuatkan? jelaskan!

Saya perlu menguatkan nilai inovatif didalam diri. Karena terbiasa melakukan kegiatan pembelajaran dikelas yang berulang- ulang tiap tahun nya tanpa ada nya inovasi terbaru kedepan nya. Saya merasa selama ini tidak mendapat tantangan yang besar dalam mengajar murid saya.

Apa yang saya rasakan setelah mengetahui peran dari seorang Guru Penggerak?

Ternyata seorang guru tidak semata- mata berperan mengajar murid dikelas. Banyak peran lain yang harus dijalankan. Peran itu akan saya lakoni demi transformasi pendidikan yang lebih baik lagi.

Apa yang bisa saya lakukan (khusus untuk diri saya) untuk menguatkan peran dan nilai Guru Penggerak?

Tentunya menanamkan nilai- nilai sebagai guru penggerak dalam keseharian sebagai pendidik disekolah. Dan memulai diri untuk melakoni semua peran sebagai guru penggerak. Agar kelemahan saya selama ini bisa menjadi pelecut semangat saya menjadi seorang guru penggerak.

Apa yang akan menghambat saya dalam memperkuat peran dan nilai Guru Penggerak dalam diri saya?

Ada sisi negatif dalam diri yang mungkin bisa menghambat saya memperkuat peran dan nilai guru penggerak. Inkonsistensi diri yang muncul sewaktu- waktu bisa menjadi aral yang berdampak buruk terhadap peran dan nilai guru penggerak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "1.2.a.6. Refleksi Terbimbing - Nilai dan Peran Guru Penggerak"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "robi-biologi". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.