1.2.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Diskusi Mandiri Eksplorasi Konsep - Diskusi Mandiri

Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak,

Setelah secara mandiri, Anda sudah mempelajari Profil Pelajar Pancasila, Peran serta Nilai dari Guru Penggerak, sekarang mari kita diskusikan pemahaman Anda mengenai hal-hal tersebut.

Anda akan diminta untuk menjawab pertanyaan diskusi di bawah ini. Silahkan jawab pertanyaan ini di LMS pada bagian Eksplorasi Konsep - Forum Diskusi Tertulis. Pertanyaan untuk dijawab:
  1. Menurut Anda, Apa hubungan antara Profil Pelajar Pancasila, dengan Peran serta Nilai Guru Penggerak yang sudah Anda pelajari?
  2. Jika ada rekan Guru ataupun Kepala Sekolah yang kurang mendukung Anda dalam menjalankan peran sebagai Guru Penggerak, Apa yang bisa Anda lakukan? Gunakan pengetahuan Anda terkait nilai dan peran seorang Guru Penggerak!
Terima Kasih Bapak/Ibu Calon Guru Penggerak karena sudah menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sekarang saatnya kita belajar dari rekan sesama Calon Guru Penggerak. Silakan Anda lihat jawaban dari rekan Calon Guru Penggerak lain, dan berikan tanggapan terhadap jawaban rekan tersebut. Silakan berikan tanggapan (bisa berupa pertanyaan) kepada (minimal) 2 orang rekan Calon Guru Penggerak yang lain. Ingat mengenai peran Guru Penggerak sebagai kolaborator bagi rekan Guru. Kita bisa membuka ruang kerjasama dan diskusi, antar sesama rekan Guru Penggerak yang tentunya akan berguna juga untuk kita. Selamat berdiskusi.


Jawaban
  1. Hubungan antara Profil Pelajar Pancasila dengan Nilai dan Peran Guru Penggerak adalah Untuk bisa mewujudkan Profil Pelajar Pancasila, dibutuhkan pendidik yang terampil dan berkompeten sehingga mampu berkontribusi secara aktif sesuai mewujudkan profil tersebut. Seorang Guru penggerak dengan perannya yang meliputi sebagai pemimpin pembelajaran, menggerakan komunitas praktisi, menjadi coach bagi guru lain, mendorong kolaborasi antar guru, mewujudkan kepemimpinan murid salah satu tugasnya adalah mewujudkan profil pelajar Pancasila, dengan peran-peran diatas seharusnya guru penggerak mampu mensukseskan program merdeka belajar dan profil pelajar pancasila. Peran guru penggerak dalam menanamkan profil pelajar pancasila terhadap peserta didiknya bisa melalui pengintegrasian karakter pelajar pancasila dalam pelatihan kepemimpinan siswa di sekolah melalui organisasi di sekolah seperti OSIS, PMR, Pengurus Kelas, Kepramukaan atau kegiatan ekstrakurikuler lainya.
  2. Apabila kepala sekolah atau rekan saya tidak mendukung apa yang saya lakukan maka saya berupaya untuk mendapatkan dukungan tersebut dengan berkomunikasi secara intensif tentang pentingnya mewujudkan merdeka belajar melalui penerapan Peran Guru Penggerak. Sebagai guru penggerak saya harus menerapkan nilai-nilai dan peran sebagai Guru Penggerak dalam semua kegiatan disekolah atau dikelas. Dengan menerapkan nilai-nilai dan peran sebagai Guru Penggerak, akan terjadi perubahan dalam pembelajaran, karakter, dan keberpihakan pada murid. Perubahan ini akan membuka wawasan dan pertimbangan kepala sekolah maupun rekan guru yang awalnya kurang mendukung.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "1.2.a.4.1. Eksplorasi Konsep - Diskusi Mandiri Eksplorasi Konsep - Diskusi Mandiri"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "robi-biologi". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.