Dinding Sel Tumbuhan

Dinding Sel Tumbuhan

Dinding sel adalah struktur ekstraseluler sel tumbuhan yang membedakan sel tersebut dari sel hewan. Prokariota, fungi dan beberapa protista juga memiliki dinding sel.

susunan selulosa dalam dinding sel tumbuhan
Dinding sel tumbuhan jauh lebih tebal daripada membran plasma, berkisar dari 0,1 µm sampai beberapa mikrometer. Komposisi kimiawi dinding sel bervariasi antara spesies satu dengan spesies lain. Mikrofibril yang terbuat dari polisakarida selulosa disintesis oelh enzim selulosa sentase dan disekresikan ke dalam ruang ekstraselular. Disitu, mikrofibril tertanam dalam matriks yang terdiri dari polisakarida lain dan protein.

Sel tumbuhan muda pertama- tama menyekresikan dinding yang relatif tipis dan fleksibel, disebut dinding sel primer. Diantara dinding primer sel- sel yang bersebelahan, terdapat lamela tengah, lapisan tipis yang kaya akan polisakarida lengket yang disebut pektin. Lamela tengah melekatkan sel- sel yang bersebelahan.

Ketika sel menjadi dewasa dan berhnti bertumbuh, pektin akan memperkuat sel. Beberapa tumbuhan melakukan hal ini hanya dengan mnyekresikan zat- zat pengeras ke dalam dinding primer. Sel- sel lain menambahkan dinding sel sekunder diantara membran plasma dan dinding primer.
Dinding sekunder, seringkali dideposit dalam beberapa lembar lapisan, memiliki matriks kuat dan tahan lama yang memberikan perlindungan dan sokongan pada sel. Kayu, misalnya, terutama terdiri dari dinding sekunder. Dinding sel tumbuhan umumnya berlubang- lubang akibat saluran di antara sel- sel yang bersebelahan, yang disebut plasmodesmata.
Adapun fungsi dari dinding sel adalah:
  • Melindungi sel
  • Mencegah penyerapan air berlebihan
  • Mempertahankan bentuk sel


Sumber: Biologi Campbell Jilid 1

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dinding Sel Tumbuhan "

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "robi-biologi". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.