GLIKOLISIS

GLIKOLISIS

Kata glikolisis (glycolysis) berarti ‘pemecahan gula’, dan mmang itulah yang terjadi dalam jalur ini. Glukosa, sejenis gula berkarbon-enam, dipecah menjadi dua gula berkarbon-tiga. Gula yang lebih kecil ini kemudian dioksidasi dan atom- atom yang tersisa disusun ulang untuk membentuk dua molekul piruvat. (piruvat adalah bentuk terionisasi dari asam piruvat).

Glikolisis dapat dibagi mnjadi dua fase: investasi energi dan pembayaran energi. Selama fase investasi energi, sel sebenarnya menggunakan ATP. Investasi ini akan terbayar kembali disertai bunga pada fase pembayaran energi, ketika ATP dihasilkan oleh fosforilasi tingkat- substrat dan NAD+ direduksi menjadi NADH oleh elektron yang dilepaskan dari oksidasi glukosa. Hasil energi netto dari glikolisis, per molekul glukosa, adalah 2 ATP plus 2 NADH.
Masukan dan keluaran energi dalam glikolisis
Pada akhirnya, semua karbon yang awalnya terdapat dalam glukosa menjadi berada dalam dua molekul piruvat; tidak ada CO2 yang dilepaskan selama glikolisis. terjadinya glikolisis tidak bergantung dari ada atau tidaknya O2. Akan tetapi, jika O2 memang ada, energi kimia yang disimpan dalam piruvat dan NADH dapat diekstraksi oleh siklus Krebs.

Sumber: Biologi Campbell Jilid 1

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "GLIKOLISIS"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "robi-biologi". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.