Cyanobacteria (Cyanophyta) : Perkembangbiakan Ganggang Hijau – Biru

Perkembangbiakan Ganggang Hijau – Biru

1. Pembelahan Sel

Alga hijau-biru dapat bereproduksi dengan pembelahan biner, yaitu pembelahan sel secara langsung. Dengan pembelahan sel, baik sel tunggal (organisme uniseluler) maupun sel penyusun filamen (benang) akan bertambah banyak. Filamen akan bertambah panjang karena adanya pembelahan sel. Melalui cara ini sel dapat langsung terpisah atau tetap bergabung membentuk koloni , misalnya Gleoocapsa

2. Fragmentasi
Fragmentasi lebih sering terjadi pada ganggang hijau biru yang berbentuk filament. Fragmentasi dilakukan oleh alga hijau-biru berbentuk benang. Dengan fragmentasi (pemenggalan), filament yang panjang akan terputus menjadi dua atau lebih benang pendek yang disebut hormogonium. Setiap hormogonium akan tumbuh menjadi filament baru. Tempat pemutusan filament adalah sel mati yang terdapat diantara sel penyusun filament.

3. Spora
Pada keadaan yang kurang menguntungkan ganggang hijau biru akan terbentuk spora yg sebenarnya merupakan sel vegetative, spora ini dapat membesar karena adanya penimbunan zat makanan. Jika kondisi buruk, misalnya kurang air, di anara sel-sel alga hijau-biru ada yang dapat membentuk sel endospora, seeprti padabakteri. Dindingnya menebal, Dan ukuran selnya membesar. Bentukan ini disebut akinet, misalnya pada Nostoc. Spora tahan terhadap lingkungan yang jelek. Jika kondisi lingkungan telah pulih, spora tumbuh menjadi alga yang baru.



Heterokist adalah sel yang pucat, kandungan selnya terlihat homogen (terlihat dengan mikroskop cahaya) dan memiliki dinding yang transparan. Heterokist terbentuk oleh penebalan dinding sel vegetatif.  

Akinet terbentuk dari penebalan sel vegetatif sehingga menjadi besar dan penuh dengan cadangan makanan (granula cyanophycin) dan penebalan-penabalan eksternal oleh tambahan zat yang kompleks

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Cyanobacteria (Cyanophyta) : Perkembangbiakan Ganggang Hijau – Biru"

  1. Assalamu'alaikum, saya senang sekali, karena ini menjadi sumber untuk media pembelajaran

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya di blog "robi-biologi". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.