FOTOPERIODISME


FOTOPERIODISME

Bayangkan konsekuensi- konsekuensi yang akan terjadi jika suatu tumbuhan menhasilkan bunga- bunga pada saat tidak ada penyerbuk atau jika sebatang pohon yang meranggas menghasilkan daun- daun pada pertengahan musim dingin. Peristiwa- pristiwa musiman sangat penting di dalam siklus hidup kebanyakan tumbuhan. Germinasi biji, perbungaan, serta awal dan akhir dormansi kuncup merupakan tahap- tahap yang biasanya terjadi pada waktu- waktu yang spesifik dalam setahun. Stimulus lingkungan yang paling sering digunakan oleh tumbuhan untuk mendeteksi waktu dalam setahun adalah fotoperiode, yaitu panjang relatif dari malam dan siang. Respons fisiologis terhadap fotoperiode, seperti perbungaan, disebut sebagai fotoperiodisme.

Ada 3 macam tumbuhan fotoperiodisme, yaitu:

1. Tumbuhan berhari- pendek (short- day plant)
Tumbuhan ini memerlukan periode cahaya yang lebih pendek daripada panjang kritis untuk berbunga, misalnya berbunga di pengujung musim panas, musim gugur, atau musim dingin. Contoh tumbuhannya krisantemum, poinsetia, dahlia, strawberi, ubi jalar, aster dan beberapa varietas kedelai.

2. Tumbuhan berhari- panjang (long- day plant)
Kelompok tumbuhan yang berbunga hanya jika periode cahaya lebih panjang dari pada jam tertentu. Tumbuhan ini umumnya berbunga pada pengunjung musim semi atau awal musim panas. Bayam, misalnya berbunga jika siang hari berlangsung selama 14 jam atau lebih. Contoh tumbuhan lainnya yaitu lobak, selada, iris, kentang dan kebanyakan varietas sereal.

3. Tumbuhan hari-netral (neutral-day plant)
Tumbuhan ini tidak trpengaruuh oleh fotoperiode dan berbunga ketika mereka mencapai tahap kematangan tertentu, tidak peduli seberapa panjang siang hari. Contoh tumbuhannya yaitu anyelir, tomat, padi, bunga matahari, mawar dan dandelion.

Kontrol fotoperiodik perbungaan
Sumber: Biologi Campbell Jilid 2

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "FOTOPERIODISME"

Terima kasih atas kunjungannya di blog "robi-biologi". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.