Ukuran Tubuh Virus

Ukuran tubuh virus

Ukuran virus jauh lebih kecil daripada bakteri sehingga virus dapat menerobos saringan bakteri dengan mudahnya. Virus memiliki ukuran tubuh yang sangat kecil (ultramikroskopis) yaitu antara 20 nm-400 nm (1 nm = 1/1.000.000 mm). Virus yang berukuran kecil memiliki diameter tubuh kurang lebih 20 nm (lebih kecil dari ribosom), misalnya Poliovirus yang berukuran paling kecil. Poliovirus ini menyerang susunan syaraf pusat,


Sementara itu, virus yang berukuran besar memiliki ukuran tubuh antara 150-400 nm, misalnya Parainfluenza virus yang menyerang saluran pernafasan, Paramyxovirus yang menyebabkan penyakit gondong, Morbilivirus yang menyebabkan penyakit campak, dan TMV yang menyebabkan penyakit mosaik pada tembakau. Virus yang paling besar diameternya 400 nm yaitu Mimivirus (mimicking microbe).. Oleh karena ukuran tubuhnya sangat renik, virus hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ukuran Tubuh Virus"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "robi-biologi". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.