Reproduksi Virus fag: 1.Siklus Lisis

Reproduksi Virus fag

Siklus hidup virus yang paling mudah dipahami adalah siklus hidup bacteriophage atau fag. Fag bereproduksi melalui dua mekanisme alternatif: siklus lisis dan lisogenik.

1. Siklus lisis

Siklus lisis adalah siklus reproduksi fag yang mencapai puncaknya pada kematian sel inang. Istilah lisis mengacu pada tahap infeksi terakhir, ketika bakteri lisis (pecah) dan melepaskan fag- fag yang dihasilkan dalam sel. Masing- masing fag kemudian dapat menginfeksi sel yang sehat, dan beberapa siklus lisis yang terjadi secara berturut- turut dapat menghancurkan seluruh populasi bakteri hanya dalam beberapa jam. Fag yang bereproduksi hanya melalui siklus lisis disebut fag virulen.Tipe fag yang bereproduksi melalui siklus lisis adalah fag T4.


a) Tahap adsorpsi : pelekatan

Fag T4 menggunakan serat- serat ekornya untuk berikatan dengan situs- situs reseptor spesifik pada permukaan luar sel E. coli.
b) Tahap injeksi : masuknya DNA fag 

Seludang ekor berkontraksi, menyuntikkan DNA fag ke dalam sel dan meninggalkan kapsid kosong di luar. DNA sel kemudian di hidrolisis

c) Tahap sintesis : sintesis genom dan protein virus 

DNA fag mengarahkan produksi protein- protein fag dan salinan genom fag oleh enzim inang, menggunakan komponen- komponen sel.


d) Tahap perakitan

Tiga perangkat protein yang terpisah merakit diri menjadi kepala, ekor, dan serat ekor virus. Genom fag dikemas di dalam kapsid saat kepala terbentuk.


e) Tahap lisis

Fag mengarahkan produksi sejenis enzim yang merusak dinding sel bakteri, memungkinkan cairan masuk. Sel menggembung dan akhirnya pecah, melepaskan 100- 200 partikel fag.

Siklus lisis Fag, sejenis fag virulen
Sumber: Biologi Campbell jilid 1

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Reproduksi Virus fag: 1.Siklus Lisis"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "robi-biologi". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.