PENANGANAN LIMBAH

Penanganan Limbah

A. Penanganan Limbah Padat

Limbah padat seering disebut sampah, yang meliputi sampah organik ( dapat diuraikan secara alami) dan sampah anorganik ( tidak dapat diuraikan secara alami). Untuk mengurangi limbah padat , dapat dilakukan dengan cara:

1. Menimalisasi limbah padat

Kegiatan menimalisasi padat berpedoman pada konsep pelaksanaan pembangunan berkelanjutan yang menghemat penggunaan sumber daya alam, serta pembenagunan yang memberi nilai tambah terhadap sumber daya alam.. Menghemat sumber daya alam dapa dilakukan melalui cara Empat R ( 4 R = replace, reduce, recycle dan reuse ) yaitu:

a. Replace 

• Replaceyaitu usaha mengurangi pencemaran dengan menggunakan barang-barang yang ramah lingkungan. Contohnya memanfaatkan daun daripada plastik sebagai pembungkus, mengganti penggunaan kantong plastik biasa dengan plastik biodegradable, plastik biodegradable merupakan plastik ramah lingkungan.

b. Reduce

Reduce yaitu usaha mengurangi pencemaran lingkungan dengan meminimalkan produksi sampah. Contohnya membawa tas belanja sendiri yang besar dari pada banyak kantong plastik, membeli kemasan isi ulang rinso, pelembut pakaian, minyak goreng dan lain-lain daripada membeli botol setiap kali habis, membeli bahan-bahan makanan atau keperluan lain dalam kemasan besar daripada yang kecil-kecil.

Contoh kegiatan reduce sehari-hari yang lainnya:
1) Memilih produk dengan kemasan yang dapat didaur ulang.
2) Hindari memakai dan membeli produk yang menghasilkan sampah dalam jumlah besar.
3) Menggunakan produk yang dapat diisi ulang (refill). Misalnya alat tulis yang bisa diisi ulang kembali).
4) Mengurangi penggunaan bahan sekali pakai.
5) Menggunakan email (surat elektronik) untuk berkirim surat
baca selengkapnya pada file word dibawah ini...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PENANGANAN LIMBAH"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "robi-biologi". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.