Fotosintesis

FOTOSINTESIS

Fotosintesis adalah proses penyusunan atau pembentukan senyawa organik (glukosa) dan molekul- molekul lain dengan menggunakan energi cahaya atau foton. Sumber energy cahaya alam adalah matahari yang memiliki spektrum cahaya infra merah (tidak kelihatan), merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu dan ultra ungu (tidak kelihatan). Dalam proses fotosintesis yang digunakan adalah spectrum cahaya tampak (dari ungu sampai merah), infra merah dan ultra ungu tidak digunakan dalam fotosintesis.

A. Kloroplas: tempat fotosintesis pada tumbuhan

Fotosintesis dapat berlangsung pada sel tumbuhan yang memiliki pigmen fotosintetik, yaitu pada daun, batang, dan buah yang berwarna hijau. Namun demikian, daun merupakan tempat utama berlangsungnya fotosintesis karena didalam jaringan mesofil daun terdapat jaringan palisade dan jaringan spon. Kedua jaringan tersebut memiliki kloroplas yang mengandung klorofil (pigmen hijau) yang merupakan salah satu pigmen fotosintetik yang mampu menyerap energy cahaya matahari.

Sel mesofil biasanya memiliki sekitar 30 sampai 40 kloroplas, yang masing- masing berukuran sekitar 2-4 µm kali 4-7 µm. Selaput yang terdiri dari dua membrane menyelubungi stroma, cairan kental didalam kloroplas. Suatu system yang rumit yang terdiri dari kantong- kantong bermembran yang saling berhubungan yang disebut tilakoid, memisahkan stroma dari kompartemen lain yaitu interior tilakoid, tilakoid atau ruang tilakoid. Klorofil berada didalam membrane tilakoid. Dibebrapa tempat, kantong- kantong tilakoid tertumpuk membentuk grana.

B. Tahap- tahap fotosintesis

Fotosintesis dibedakan menjadi dua tahapan, yaitu:
1. Reaksi terang (reaksi cahaya), saat energy surya ditangkap dan ditransformasi menjadi energy kimia
2. Reaksi gelap (siklus Calvin), saat energy kimia digunakan untuk membuat molekul organik dalam makanan

Reaksi fotosintesis merupakan reaksi yang sangat kompleks, namun diringkas sebagai berikut:
6CO2 + 6H2O + Energi Cahaya : C6H12O6 + 6 O2
Atau dalam bentuk reaksi yang lebih disederhanakan:
CO2 + H2O : CH2O + O2

Sumber:
Biologi Campbell Jilid 1
Modul Biologi Umum UNP 2012

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Fotosintesis"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "robi-biologi". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.