Filum Mollusca

Molusca

a. Ciri-ciri Mollusca

Mollusca merupakan hewan multiseluler yang bertubuh lunak. Hewan kelompok ini memiliki tubuh simetri bilateral karena memiliki sisi oral dan aboral serta sisi anterior dan posterior. Hewan ini dapat ditemukan di darat ataupun perairan. Umumnya hewan mollusca memiliki cangkang seperti pada siput, namun ada pula yang tidak memiliki cangkang seperti pada cumi-cumi. 

b. Struktur tubuh

Terdapat tiga bagian utama dari hewan mollusca ini yaitu:

1) Kaki
Kaki merupakan penjuluran dari bagian ventral tubuh yang berotot. Kaki berfungsi untuk bergerak namun pada sebagian mollusca kaki telah termodifikasi menjadi tentakel yang berfungsi untuk menangkap mangsa.

2) Massa Viseral 
Massa viseral adalah bagian tubuh yang lunak dari mollusca. Di dalam massa viseral terdapat organ-organ seperti organ pencernaan, ekskresi, dan reproduksi. Massa viseral dilindungi oleh mantel.

3) Mantel
Mantel adalah jaringan tebal yang melindungi massa viseral. Mantel membentuk suatu rongga yang disebut rongga mantel. Di dalam rongga mantel berisi cairan sebagai tempat lubang insang, lubang ekskresi dan anus. Pada beberapa Mollusca, mantel mengekskresikan cangkang. Cangkang tersusun dari protein dan kalsium karbonat.
baca selengkapnya pada file word dibawah ini....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Filum Mollusca"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "robi-biologi". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.