PLASTIDA

Plastida

Plastida merupakan organel bermembran rangkap yang berasal dari perkembangan proplastida di daerah meristematik. Berdasarkan pigmen yang dikandungnya, plastida dibedakan menjadi tiga tipe yaitu kloroplas, kromoplas, dan leukoplas. 


Kloroplas merupakan plastid yang mengandung klorofil, karotenoid, dan pigmen fotosintetik lainnya. Kloroplas memiliki membran ganda yaitu membran luar dan membran dalam. Membran luar berfungsi untuk mengatur keluar masuknya zat, sedangkan membran dalam berperan sebagai pembungkus cairan kloroplas yang disebut stroma. Selain kedua membran tersebut, kloroplas juga memiliki sistem membran khusus. Membran khusus pada kloroplas mengalami pelipatan kearah dalam membentuk lembaran-lembaran yang disebut tilakoid. Tilakoid akan bertumpuk-tumpuk pada tempat-tempat tertentu membentuk grana. Pada sebuah kloroplas umumnya mengandung 40-60 grana. Kloroplas merupakan tempat berlangsungnya fotosintesis.

Berdasarkan panjang gelombang (spektrum warna) yang diserap, klorofil dibedakan menjadi empat macam sebagai berikut.
a) Klorofil a menyerap spektrum warna hijau-biru
b) Klorofil b menyerap spektrum warna hijau-kuning
c) Klorofil c menyerap spektrum warna hijau-coklat
d) Klorofil d menyerap spektrum warna hijau-merah

2) Kromoplas

Kromoplas yaitu plastida yang mengandung pigmen nonfotosintetik (merah, oranye, dan kuning). Pigmen yang terkandung dalam kromoplas yaitu karoten (warna kuning), xantofil (warna kuning kecokletan), dan fikosianin (warna biru). Kromoplas banyak ditemukan pada mahkota bunga, buah tomat, dan wortel.

3) Leukoplas

Leukoplas merupakan plastida yang tidak berwarna dan biasanya terdapat pada organ penyimpanan makanan cadangan seperti biji dan umbi. Ada tiga macam leukoplas yaitu amiloplas untuk menyimpan amilum, elaioplas untuk membentuk dan menyimpan lemak, serta proteoplas untuk menyimpan protein. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PLASTIDA"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "robi-biologi". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.