RUANG LINGKUP BIOLOGI

RUANG LINGKUP BIOLOGI

A. PENDAHULUAN 

Biologi ialah ilmu yang mempelajari tentang segala sesuatu mengenai makhluk hidup. Objek dari biologi ialah makhluk hidup dan yang menjadi subjeknya tentulah manusia. Dalam kehidupan sehari-hari manusia menjalani fenomena-fenomena atau gejala-gejala kehidupan yang kemudian melekat di hati, difikirannya, diingat dalam ingatannya. Dengan demikian terbentuklah apa yang dinamakan “pengetahuan karena pengalaman”.

B. PENGERTIAN BIOLOGI

Istilah Biologi lahir pada zaman peradaban Yunani. Berasal dari kata “bios” yang artinya hidup dan “logos” dengan arti ilmu, jadi pengertian biologi pada waktu itu merupakan bidang studi yang khusus mempelajari makhluk-makhluk hidup saja. Istilah ini pertama kali digunakan pada tahun 1801 yang dikemukakan oleh Lamarck dan Treviranus, sedangkan Aristoteles (384-322 SM) dipandang sebagai tokoh perintis perkembangan ilmu pengetahuan tentang makhluk hidup.


C. KARAKTERISTIK UMUM BIOLOGI SEBAGAI ILMU (SAINS)

Ilmu pengetahuan berkembang karena hakikat manusia yang serba ingin tahu. Mengembangkan ilmu pengetahuan tidak harus berawal dari nol, tetapi dapat dari hasil penelitian orang lain, yang sesuai dengan karakteristik sains itu sendiri. Biologi bagian dari sains yang memiliki karakteristik sama dengan ilmu sains lainnya. Adapun karakteristik ilmu pengetahuan alam termasuk biologi (Sains/IPA) yaitu:
  1. Obyek kajian berupa benda konkrit dan abstrak dapat ditangkap pancaindera
  2. Dikembangkan berdasarkan pengalaman empiris yaitu pengalaman nyata yang dapat dilakukan setiap orang
  3. Memiliki langkah-langkah sistematis yang urut dan bersifat baku
  4. Menggunakan cara berfikir logis dan konsisten, yang bersifat deduktif artinya berfikir dengan menarik kesimpulan dari hal-hal yang khusus menjadi ketentuan yang berlaku umum. Bersifat deduktif artinya berfikir dengan menarik kesimpulan dari hal-hal yang umum menjadi ketentuan khusus.
  5. Hasil bersifat obyektif atau apa adanya, terhindar dari kepentingan pelaku (subyektif)
  6. Hasil berupa hukum-hukum yang berlaku umum, dimanapun diberlakukan
D. RUANG LINGKUP ILMU BIOLOGI

Berdasarkan struktur keilmuan menurut BSCS (Biological Science Curricullum Study), Mayer (1980) menyatakan bahwa ruang lingkup biologi meliputi:
  • Obyek biologi berupa 6 (enam) kingdom (Archebacteria, Eubacteria, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia).
  • Ditinjau dari tingkat organisasi taksonomi, lingkup kajian dimulai dari tingkat molekul (virus) - sel (Monera (Archebacteria, Eubacteria) dan Protista (Protista mirip hewan, mirip fungi, dan mirip tumbuhan) - jaringan (alga sederhana, porifera dan coelenterata) - organ (Cacing Planaria, dll) - sistem organ (Kormophyta dan vertebrata) .
  • Berdasarkan tingkatan ekologis, lingkup biologi dimulai dari individu – populasi (kumpulan individu yang sama di daerah atau habitat yang sama) – komunitas (kumpulan beberapa populasi dalam suatu daerah/habitat tertentu). 
  • Berdasarkan konsep ekologi, lingkup– ekosistem (kumpulan beberapa komunitas dalam suatu daerah/habitat yang sesuai) – biosfer (kumpulan ekosistem di seluruh lingkungan bumi).

E. CABANG- CABANG BIOLOGI

Adapun cabang- cabang dalam ilmu biologi antara lain:

Untuk mendapatkan materi ini dalam format word document 
silahkan klik disini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RUANG LINGKUP BIOLOGI"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "robi-biologi". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.