METABOLISME

METABOLISME

Keseluruhan reaksi kimia dalam organisme disebut metabolisme (metabolism, dari kata Yunani metabole,berubah). Metabolisme adalah sifat emergen kehidupan yang muncul dari interaksi antara molekul- molekul dalam lingkungan sel yang teratur.

Kita dapat menggambarkan metabolisme sel sebagai peta yang rumit dari ribuan reaksi kimia yang terjadi dalam sel, tersusun sebagai jalur- jalur metabolik yang berpotongan disana-sini. Jalur metabolik diawali dengan satu molekul spesifik, yang kemudian diubah dalam serangkaian langkah yang jelas, menghasilkan produk tertentu. Setiap langkah dalam jalur dikatalisis oleh suatu enzim spesifik:




Metabolisme secara keseluruhan mengelola sumber daya materi dan energi bagi sel. Jalur metabolik terbagi atas dua: 
Jalur yang melepaskan energi (reaksi eksergonik) melalui penguraian molekul kompleks menjadi senyawa yang lebih sederhana. Contoh jalur katabolik adalah respirasi selular, ketika gula glukosa dan bahan- bakar organik lain diuraikan menjadi karbondioksida dan air dengan kehadiran oksigen.
perubahan energi-bebas dalam reaksi eksergonik

2. Jalur anabolik (jalur biosintetik)  
Jalur yang mengkonsumsi energi (reaksi endergonik) untuk membangun molekul kompleks dari molekul- molekul yang lebih sederhana. Contoh jalur anabolik adalah fotosintesis.
perubahan energi-bebas dalam rekasi endergonik
 Sumber: Biologi Campbell Jilid 1

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "METABOLISME"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "robi-biologi". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.