Ciri- ciri virus

VIRUS
Akar bahasa Latin untuk kata virus berarti ‘racun’. Karena virus dapat menyebabkan berbagai macam penyakit dan dapat menyebar di antara organisme. Pada akhir 1800-an peneliti menganggap ada kesamaan dengan bakteri dan mengajukan virus sebagai bentuk kehidupan yang paling sederhana. Akan tetapi, virus tidak dapat bereproduksi dan melaksanakan metabolisme di luar sel inang. Kebanyakan ahli Biologi setuju bahwa virus tidak hidup, namun berada di wilayah abu- abu antara bentuk kehidupan dan zat kimiawi.

A. Penemuan virus

Penelitian ilmiah: Penyakit mosaik tembakau menghalangi pertumbuhan tembakau dan menyebabkan daun tembakau bertotol- totol atau mosaik

B. Ciri- ciri Virus
  • Paling kecil diameternya 20 nm (lebih kecil dari ribosom) dan paling besar diameternya 400 nm yaitu mimivirus (mimicking microbe).
  • Bisa dikristalisasi. Sel paling sederhana sekalipun tidak bisa beragregasi menjadi kristal teratur.
  • Terdiri atas asam nukleat berselubung protein disebut kapsid dan beberapa dilindungi amplop bermembran
*Kapsid tersusun atas banyak subunit protein yang disebut kapsomer. Kapsid dapat berbentuk seperti batang, polihedral atau lebih kompleks lagi seperti T4

*Amplop bermembran berasal dari membran sel inang, mengandung fosfolipid dan protein dari membran sel inang. Juga mengandung protein dan glikoprotein dari virus. Amplop membantu virus menginfeksi inang.
struktur virus
  • Genom virus: DNA beruntai ganda, DNA beruntai tunggal, RNA beruntai ganda atau RNA beruntai tunggal.
  • Virus- virus yang menginfeksi bakteri disebut bakteriofag atau fag.
  • Setiap tipe virus dapat menginfeksi sel dari ragam inang yang terbatas, disebut kisaran inang (host range).
*Kisaran inang luas: bisa menginfeksi banyak jenis organisme seperti nyamuk, burung, kuda dan manusia. Contoh virus West Nile dan virus ensafalitis kuda
*Kisaran inang sempit: menginfeksi satu spesies saja contoh virus campak hanya menginfeksi manusia. Bahkan terbatas pada jaringan trtentu contoh virus salesma, hanya menginfeksi sel- sel saluran pernafasan atas. Dan virus AIDS berikatan pada sel darah putih tipe- tipe tertentu.

 Sumber; Biologi Campbell jilid 1

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ciri- ciri virus"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "robi-biologi". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.