Cara kerja enzim

Cara Kerja Enzim

Salah satu ciri khas enzim yaitu bekerja secara spesifik. Artinya, enzim hanya dapat bekerja pada substrat tertentu. Beberapa teori berikut menjelaskan tentang cara kerja enzim.

a. Lock and Key Theory (Teori Gembok dan Kunci)

Teori ini dikemukakan oleh Fischer (1898). Enzim diumpamakan sebagai gembok yang mempunyai bagian kecil dan dapat mengikat substrat. Bagian enzim yang dapat berikatan dengan substrat disebut situs aktif. Substrat diumpamakan kunci yang dapat berikatan dengan situs aktif enzim.

teori kunci dan gembok

b. Induced Fit Theory (Teori kecocokan terinduksi)

Enzim berubah bentuk sedikit karena situs aktif enzim bukanlah penerima kaku untuk substrat. Ketika substrat memasuki situs aktif, interaksi antara gugus- gugus kimia substrat dan gugus- gugus kimia pada gugus R (rantai samping) asam amino yang membentuk situs aktif protein menyebabkan enzim berubah bentuk sedikit, sehingga seitus aktif bertambah cocok dengan substrat. Kecocokan terinduksi bagaikan berjabat tangan.
teori kecocokan terinduksi

 Sumber: Biologi Kelas 12; Langkah Sembiring
              Biologi Campbell Jilid1

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara kerja enzim"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "robi-biologi". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.