FAKTA SEPUTAR HORMON TUMBUHAN


Fakta- fakta seputar hormon tumbuhan

Berikut ini adalah fakta- fakta yang berkaitan dengan hormon- hormon yang terdapat pada tumbuhan:
  1. Menyemprotkan auksin sintetik pada tomat yang ditanam di dalam rumah kaca dapat menginduksi perkembangan buah normal tanpa polinasi (penyerbukan).
  2. Menyemprot ladang sereal atau lapangan rumput dengan 2,4- asam diklorofenoksiasetat (sejenis auksin sintesis) dapat memusnahkan gulma eudikotil (berdaun lebar).
  3. Agar bunga potong tetap segar, penjual bunga sering menggunakan semprotan sitokinin, karena sitokinin memperlambat penuaan organ- organ tumbuhan (efek anti- penuaan).
  4. Penyemprotan hormon giberelin terhadap anggur Thompson menjadikan setiap buah anggur tumbuh lebih besar.
  5. Meranggasnya daun di musim gugur atau kematian tumbuhan tahunan setelah berbunga (peristiwa senesensia) di sebabkan oleh produksi etilen dalam jumlah besar.
  6. Jika anda memetik atau membeli buah hijau, anda mungkin bisa mempercepat pematangan dengan menyimpan buah tersebut di dalam kantong kertas, agar etilen bisa terakumulasi.
  7. Para ahli biologi biomolekular telah menciptakan buah tomat yang matang jika dikehendaki. Buah- buah ini dipetik saat masih hijau dan tidak akan matang sebelum gas etilen ditambahkan. Pepatah lama mengatakan ‘satu apel busuk merusak isi seluruh kantong’ maksudnya pelepasan etilen oleh apel yang rusak merangsang pematangan apel- apel lain.
  1. buah anggur thompson (sebelah kanan) tumbuh besar setelah diberi giberelin

    bunga potong akan tetap segar jika disemprot dengan sitokinin

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "FAKTA SEPUTAR HORMON TUMBUHAN"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya di blog "robi-biologi". Pertanyaan dan komentar silahkan tuliskan pada kotak komentar dibawah ini.